√ Tugas Kepala Madrasah Dalam Menyebarkan Profesionalitas Guru (Studi Penerapan Fungsi Administrasi Kepala Madrasah Di Sekolah Alam Bilingual Mts Surya Buana Malang)

Dalam memajukan forum pendidikan Islam, seorang kepala madrasah harus mempunyai kepemimpinan yang berkualitas dan efektif. Kepemimpinan yang berkualitas dan efektif merupakan realisasi perpaduan talenta dan pengalaman kepemimpinan dalam situasi yang berubah-ubah alasannya yaitu berlangsung melalui interaksi antar sesama manusia. Selain itu, kepemimpinan yang berkualitas itu yaitu kepemimpinan yang bisa dalam hal: 1. Memanaj/mengelola forum yang dipimpinnya, yaitu terkait dengan planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan) dan controlling (pengawasan); 2. Mampu mengantisipasi perubahan; 3. Mampu mengoreksi kekurangan dan kelemahan; dan 4. Sanggup membawa forum pada tujuan yang telah ditetapkan.
Sehubungan dengan hal ini, Peran kepala madrasah sebagai pemimpin harus bisa menyebarkan profesionalitas guru, alasannya yaitu guru merupakan salah satu komponen substantif pendidikan yang sangat berperan dalam menyebarkan Lembaga pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami dan mendeskripsikan Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controlling (Pengawasan) Kepala Madrasah dalam menyebarkan profesionalitas Guru.
Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Surya Buana Malang. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala madrasah, Waka kurikulum dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1. Wawancara, 2. Observasi, dan 3. Studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memakai model analisis interactif (Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/temuan sementara, Melakukan verifikasi dan Penarikan kesimpulan/temuan akhir). Pengecekan keabsahan data di dasarkan pada: Kredibilitas (Kepercayaan), Dependabilitas (Ketergantungan) dan Konfirmabilitas (Kepastian).
Temuan penelitian mengatakan bahwa kepala madrasah dalam menyebarkan profesionalitas guru dari segi penerapan fungsi administrasi yaitu 1. Planning (Perencanaan), pengembangan dilakukan dalam dua bagian, yaitu a. Rekrutmen guru profesional; b. Pelatihan dan pengembangan (rapat, MGMP, seminar, penataran dan studi lanjut), 2. Organizing (Pengorganisasian), kepala madrasah melibatkan seluruh warga MTs Surya Buana, di antaranya Tim pengembang dan Tim Sembilan (khususnya bidang ketenagaan), dan juga yayasan, 3. Actuating (Pelaksanaan), dalam perekrutan guru kepala madrasah sangat selektif dalam rangka mendapat guru gres yang profesional yaitu melalui tes dan wawancara. Sedangkan dalam training dan pengembangan kepala madrasah memfasilitasi para guru dan membiayai kegiatan-kegiatan tersebut yayasan, 4. Controlling (Pengawasan), kepala madrasah melaksanakan supervisi kepada para guru.
Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas, dikemukakan saran-saran sebagai berikut: 1. Dalam perekrutan guru profesional, kepala madrasah hendaknya lebih memperhatikan pengalaman organisasi pelamar. Hal ini penting alasannya yaitu guru dalam pengabdiannya tidak hanya sebatas mengajar tapi juga ikut menyebarkan forum lewat jabatan struktural menyerupai menjabat sebagai waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas dan sebagainya yang ada di struktur organisasi. 2. Dalam jadwal pengembangan profesionalitas guru (MGMP, Seminar, Penataran, dan Studi lanjut S2) kepala madrasah hendaknya lebih memanej lagi. Salah satu misalnya yaitu memanaj pengadaan biaya khusus untuk pengembangan guru. Kaprikornus saat ada training atau seminar kepala madrasah bisa mendelegasikannya tanpa harus memikirkan biaya lagi. 3. Bagi kepala madrasah hendaknya juga menciptakan tim khusus terkait dengan jadwal pengembangan di atas, sehingga Guru tidak harus mencari sendiri program-program beasiswa tapi ada tim yang mengurusi itu, sehingga tim itu tinggal menginformasikan kepada para guru jikalau ada jadwal beasiswa. dan ini juga berlaku untuk program-progran yang lain menyerupai isu MGMP, penataran, seminar dan lain-lain.

0 Response to "√ Tugas Kepala Madrasah Dalam Menyebarkan Profesionalitas Guru (Studi Penerapan Fungsi Administrasi Kepala Madrasah Di Sekolah Alam Bilingual Mts Surya Buana Malang)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel