√ Seni Administrasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (Ptais) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Komparatif Di Universitas Muhammadiyah Malang Dan Universitas Islam Malang)

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan taktik yang dipakai Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang dalam pengembangan kurikulum, 2) untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembagan kurikulum, 3) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan pada Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi tugas serta, dan dokumentasi. Interpretasi data memakai perspektif fenomenologis. Sedangkan untuk mendapat kevalidan data dipakai teknik observasi terus menerus dan memanfaatkan data yang dianalisis, mencari kasus yang berkenaan dengan taktik pengembangan kurikulum, melibatkan informan untuk merevieu data (member check), mendiskusikan data dengan pihak tertentu, memeriksakan kembali dengan catatan lapangan.

Hasil penelitian mengatakan bahwa taktik yang dipakai Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang dalam taktik pengembangan kurikulum yakni melalui beberapa tahapan: 1. Menentukan standar mutu, visi, misi dan tujuan dan dilanjutkan dengan menciptakan tim kecil yang terdiri dari Dekan, PD I,II,III, Kajur, Kepala Laboratorium dan Guru Besar/Dosen, 2. Mendatangkan dosen atau tim jago pengembangan kurikulum di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang disebabkan oleh 1. Perkembangan imu pengetahuan dan teknologi, 2. Tuntutan masyarakat, 3. Pengaruh globalisasi, 4. Perubahan budaya dll. Dan faktor-faktor yang mempegaruhi peningkatan mutu di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang sanggup dipengaruhi oleh pengembangan kurikulum yang dipakai oleh kedua universitas tersebut.

0 Response to "√ Seni Administrasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (Ptais) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Komparatif Di Universitas Muhammadiyah Malang Dan Universitas Islam Malang)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel