√ Implementasi Perencanaan Strategis Di Smk Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal‖. Tesis, (Malang: Agenda Studi Administrasi Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).



Perencanaan Strategis telah diterapkan pada organisasi sosial termasuk pendidikan khususnya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang: (1) Proses penyusunan, (2) Analisis-analisis yang digunakan, (3) Efektivitas implementasi, (4) Faktor-faktor yang menghipnotis efektivitas implementasi, dan (5) Sumbangan implementasi perencanaan strategis di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal.

Penelitian ini yakni penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, selanjutnya disebut penelitian deskriptif kualitatif dan dengan bentuk penelitian studi masalah (case study) tunggal, yaitu menyajikan uji kritis suatu teori yang difokuskan pada sebuah sekolah. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen utama untuk melaksanakan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui aktivitas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dengan pendekatan analisis domain dan taksonomial. Keabsahan data verifikasi melalui kriteria kepercayaan (observasi intensif dan triangulasi), kebergantungan, dan kepastian.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Proses penyusunan perencanaan strategis di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal yakni dengan: pertama, merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah; kedua, kemudian membentuk satgas penyusun perencanaan strategis; ketiga, proses perumusan; dan keempat, penetapan perencanaan strategis tersebut. (2) Analisis yang dipakai dalam menyusun perencanaan strategis yakni dengan memakai analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Treats). (3) Implementasi perencanaan strategis berjalan efektif. (4) Faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas implementasi perencanaan strategis yaitu; kepemimpinan, pemahaman guru dan staf terhadap renstra, pinjaman pemerintah, monitoring dan evaluasi, kolaborasi dan tanggung jawab, dana, dan kerjasama yang baik secara internal (tim) dan eksternal. (5) Sumbangan implementasi perencanaan strategis bagi kemajuan Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Slawi yaitu: Sekolah mempunyai anutan dalam menjalankan segala aktifitasnya; Sekolah mempunyai dasar kebijakan sehingga kebijakan-kebijakannya terarah; Memudahkan menciptakan jadwal tahunan dan memilih target-tergetnya; Sekolah menjadi berkembang secara efektif.

Berdasarkan temuan dari data penelitian, peneliti memperlihatkan saran biar penelitian mengenai perencanaan strategis di sekolah terus dikembangkan dengan objek berbeda dan jangkauan lebih luas. Kemudian perlu juga dikembangkan penelitian perihal perencanaan strategis secara lebih mendalam dan tajam mengenai dimensi-dimensi yang ada di dalamnya. Dari hasil penelitian ini, sebaiknya sekolah mendapat masukan dari pihak luar yang lebih berkompeten dalam perencanaan dan pendidikan. Selain itu dalam penyusunan ataupun implementasi perencanaan strategis harus melaksanakan analisis lingkungan strategis secara komprehensif dan seimbang.



0 Response to "√ Implementasi Perencanaan Strategis Di Smk Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal‖. Tesis, (Malang: Agenda Studi Administrasi Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel