√ Penggunaan Instructional Management Jacob Kounin Untuk Peningkatan Prestasi Mencar Ilmu Dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian Tindakan Kelas Di Smk Negeri 2 Dan Sma Negeri 4 Kupang Ntt)



Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Kupang dan Sekolah Menengan Atas Negeri 4 Kupang ialah kurangnya minat berguru siswa pada PAI, kurangnya kemampuan berpikir ilmiah, lemahnya kemampuan siswa dalam baca tulis al-Qur’an, kurangnya kesadaran dalam beribadah dan berakhlaqul karimah. Kondisi demikian disebabkan antara lain lantaran kurang bervariasinya metode pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses perencanaan, penerapan, penilaian, dan efek yang ditimbulkan oleh pelaksanaan pembelajaran dengan administrasi pembelajaran Jacob Kounin terhadap prestasi berguru dan mutu pembelajaran PAI di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 dan Sekolah Menengan Atas Negeri 4 Kupang.

Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yakni penelitian eksperimen berulang dan berkelanjutan yang dilakukan di dalam kelas dengan memakai pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus 4 tindakan dengan subyek penelitian siswa Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Kupang dan Sekolah Menengan Atas Negeri 4 Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu : pengalaman (observasi), pengungkapan (wawancara, pengukuran tes dan diskusi), dan pembuktian (dokumen arsip, foto-foto, dan catatan lapangan). Teknik analisis data mencakup reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini ialah siswa, guru PAI kolaborator, dan orang tua/wali siswa.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan administrasi pembelajaran Jakob Kounin di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 dan Sekolah Menengan Atas Negeri 4 Kupang ialah (1) penyusunan RPP menurut hasil diskusi dan kesepakatan bersama antara peneliti dengan kolaborator; (2) administrasi pembelajaran Jacob Kounin yang dipakai dalam proses pembelajaran ialah administrasi group focus, ripple effect, dan withitness, yang sanggup meningkatkan antusiasme, kreativitas, dan partisipasi dan kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang hal itu berdampak kepada meningkatnya prestasi dan mutu pembelajaran PAI; (3) Penilaian terhadap hasil pembelajaran baik di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Kupang maupun di Sekolah Menengan Atas Negeri 4 Kupang dilakukan dengan cara Penilaian Berbasis Kelas (PBK) atau Penilaian Berbasis Kemampuan Dasar (PBKD), (4) Penggunaan administrasi pembelajaran Jacob Kounin di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Kupang dan Sekolah Menengan Atas Negeri 4 cukup memperlihatkan efek yang konkret signifikan terhadap prestasi akademik (meningkatnya nilai ulangan dan tugas) maupun non akademik (meningkatnya ketertiban, kedisiplinan, dan antusiasme, kreativitas, dan partisipasi dan kerjasama) siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas



0 Response to "√ Penggunaan Instructional Management Jacob Kounin Untuk Peningkatan Prestasi Mencar Ilmu Dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian Tindakan Kelas Di Smk Negeri 2 Dan Sma Negeri 4 Kupang Ntt)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel