√ Semiotika Iklan Kendaraan Beroda Empat Di Media Cetak Indonesia


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ialah untuk meneliti adanya tanda, bahasa figuratif
atau retorika dann  power relation yang dibangun dalam iklan media cetak.
Disebabkan tanda verbaldan tanda visual merupakan hal yang intensif untuk
digunakan dalam iklan maka penlis meneliti iklan-iklan di harian Suar Merdeka
untuk menjelaskan bahwa kita daspat menggunakan pendekatan semiotik untuk
menganalisa pemakaian tanda, bahasa figuratif atau retorika dan power relation,
untuk menganalisa dan mendapat artinya.
Semiotika digunakan oleh penulis untuk menganalisa 59 iklan kendaraan beroda empat untuk
mengungkapkan tanda ekspresi dan tanda visual di dalam iklan mobil, bagaimana
tanda itu digunakan untuk berkomunikasi, untuk membujuk atau untuk
meyakinkan pembaca.
Permasalahan yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1).
Bagaimanakah deskripsi penanda dan petanda. serta adakah hubungan antara
penanda dan petanda; yakni hubungan antara bentuk atau ekspresi iklan dengan
makna yang terkandung di dalam iklan kendaraan beroda empat di media cetak. (2). Bagaimanakah
denotasi dan konotasi iklan kendaraan beroda empat yang terpampang. (3). Dimanakah produser
memposisikan dirinya dihadapan konsumen; artinya apakah produser di atas,
sejajar atau di bawah konsumen. (4). Kandungan apa aja, mencakup ikon, indeks
dan simbol dari produk iklan yang dihadirkan pihak produsen. (5). Bahasa
retorika yang manakah yang digunakan dalam iklan kendaraan beroda empat di media cetak.
Dalam mengadakan penelitian ini, penulis mengumpulkan, memilah dan
mengelompokkan data yang ada. Kemudian data di analisis menggunakan teori
semiotika. Dan risikonya penulis menyajikan hasilnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya macam-macam tanda
bahasa figuratif dan juga povwer relation dalam iklan di media cetak. Penelitian
ini mengatakan adanya majemuk tanda yang  meliputi penandapetanda, denotasi-konotasi dan ikon, indeks dan simbol, 88 bahasa figuratif yaitu:
20 rima, 5 aliterasi, 12 anafora, 1 epistrope, 1 anadiposis, 2 parison, 3 antitesis, 18
hiperbola, 7 pertanyaan retorika, 5 metonimi, 7 metafora, 3 homonimi, 1
atanaklasis, 1 paradoks dan 3 ironi dan 84 Power Relation terdiri dari  28 reward
power, 7 expert power, 10 legitimate power, 10 referent power, dan 29 coercive
power.
Sehubungan dengan hasil yang didapat maka penulis menyarankan agar
produserlebih mengadakan pemahaman perihal teori-teori semiotika untuk
pembuatan iklan terutama iklan di media cetak. Melakukan penelitian berbagai
iklan perlu dilakukan dengan mencari data baik dari media cetak maupun media
elektronik sebagai materi pemanding atas penelitian ini.
Akhirnya penulis mengaharapkan penelitian ini sanggup digunakan sebagai bahan
pemanis dan sebagai sumber yang sanggup membantu untuk memahami dan
menganalisa tanda, bahasa figuratif dan power relation.

0 Response to "√ Semiotika Iklan Kendaraan Beroda Empat Di Media Cetak Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel