√ Analisis Pelayanan Manajemen Pertanahan


ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “ Analisis pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang “. Di bawah naungan Bapak Dr. H.A.Samsu Alam, M.Si selaku pembimbing I dan H.Suhardiman Syamsu.S.Sos.M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini berlandaskan pada teori yang mengacu pada judul, maka ada dua indikatornya yaitu pelayanan dan manajemen pertanahan. Dimana pelayanan memakai teori Stanton yang dikutip oleh Alma sementara adminitrasi pertanahan lebih condong pada data dan hasil penelitian.
Pokok permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini ialah :
1. Bagaimana pelaksanaan pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?
2. Faktor-faktor yang menghipnotis Pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pelaksanaan pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, 2) faktor-faktor yang besar lengan berkuasa terhadap pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang
Penelitian ini bersifat deskriptif. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan memakai teknik wawancara dan observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan memakai analisis kualitatif.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang masih perlu meningkatkan kualitas pelayanannya. Sedangkan faktor-faktor yang besar lengan berkuasa terhadap pelayanan manajemen pertanahan di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang adalah, Sarana dan Prasarana,Sumber Daya Manusia/Aparatur, Akuntabilitas.






DAFTAR ISI

Halaman Judul ……………………………………………………….        i
Halaman Pengesahan ………………………………………………..        ii
Halaman Penerimaan Tim Evaluasi ………………………………..         iii
Kata Pengantar ………………………………………………………        iv
Abstrak ……………………………………………………………….        v
Daftar Isi ……………………………………………………………..         vi
Daftar Lampiran …………………………………………………….        vii

BAB I              PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah …………………………………        1
2.1.  Rumusan Masalah ……………………………………….         6
3.1.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian ………………………..         6
4.1.   Manfaat Penelitian ...........................................................         6
5.1.  Kerangka Konseptual …………………………………....        12
6.1.  Metode Penelitian …………………………………….....         12
6.2.  Definisi Operasional ……………………………………..        17

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1.  Konsep Pelayanan dan Pelayanan Publik ...………….......        19       
2.2.  Bentuk Pelayanan Publik ...............……………………....        24
2.3.  Pemerintah Sebagai Pelayan Masyarakat .....…………….         26
2.4.  Pelayanan Administrasi Pertanahan .............................. .....       31
2.4.1  Tujuan Administrasi Pertanahan  ................................ .....       33
2.4.2  Manfaat Administrasi Pertanahan ............................... .....       34
2.5  Kecamatan ..........................................................................        39


BAB III GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN
3.1.  Kondisi Geografis Kecamatan Watang Sawitto .....……...        40
3.2.  Sistem Pemerintahan Kecamatan  ............……………. ......      41
3.3.  Kepadatan Penduduk ...................................………….            ......      48
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1.  Hasil Penelitian dan Pembahasan  …………………… .....       50
4.2.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi ………………….  .....       65

BAB V PENUTUP
5.1.  Kesimpulan ………………………………………………        70
5.2.  Saran-Saran ………………………………………………        71

DAFTAR PUSTAKA
















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran I.     Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah …………………         49
Lampiran II.    Alur Sistem Pendaftaran ……………...........................         55



















BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Pemerintahan yang kuat adalah pemerintahan yang mendapat  dukungan penuh dari rakyatnya. Dalam hal ini, rakyat berperan penting dalam  rangka melanggengkan kekuasaan pemerintahan. Oleh alasannya itu sebagai wujud rasa terima kasih atas dukungan rakyat tersebut, sudah sepantasnyalah pemerintah (melalui pegawanegeri birokrasi) memperlihatkan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat/publik. Pelayanan yang diwujudkan ialah pelayanan  yang berorientasi pada rakyat. Salah satu kiprah pokok pemerintah yang terpenting ialah  memberikan  pelayanan  umum kepada  masyarakat. Oleh karena itu, organisasi  pemerintah  sering  pula  disebut  “Pelayanan  masyarakat” (Public Servant).
 Konsep dasar mengenai ”pelayanan” sudah banyak dijelaskan oleh para ahli.  Antara  lain  menurut  Supriyanto  dan  Sugiyanti,  dalam  buku Otonomi  Daerah  ’Capacity building   dan  Penguatan  Demokrasi  Lokal’ (2003 : 68), ádalah upaya  untuk  membantu  menyiapkan, menyediakan/mengurus  keperluan orang lain. Selain itu, dalam buku yang sama, Moenir (2003 : 68) juga mengemukakan pendapatnya mengenai ’pelayanan’ yaitu proses dalam berbuat baik. Pendapat lain dikemukakan oleh Boediono (2003 : 60) perihal pengertian ’pelayanan’ yaitu proses bantuan  kepada  orang  lain  dengan cara-cara  tertentu yang memerlukan kepekaan dan kekerabatan interpersonal semoga terciptanya kepuasan dan keberhasilan.

0 Response to "√ Analisis Pelayanan Manajemen Pertanahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel