√ Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika

Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika - Selamat tiba dan selamat bberakhir pekan kawan-kawan, bagaimana kabar kalian? tentunya saya harap kalian baik-baik saja, dan masih dalam semangat berguru fisika.

Pada ahad ini akan dibagikan materi Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik merupakan terdiri dari macam-macam gelombang yang berbeda frekuensi dan panjang gelombangya, tetapi kecepatannya kalau berada dalam ruang hampa memiliki nilai yang sama, yaitu c = 3 x 10^8 m/s.

Sebelumnya, baca juga: Gelombang Elektromagnetik Fisika Tentang Percobaan Hertz

Berikut dibawah ini merupakan urutan spektrum gelombang elektromagnetik yang dimulai  dari frekuensi terkecil hingga ke yang besar:

  1. Gelombang radio
    Gelombang ini sanggup dihasilkan oleh rangkaian elektro yang disebut osilator. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula. Luas kawasan yang hendak dicakup dan panjang gelombang yang akan dihasilkan sanggup ditentukan dengan tinggi rendahnya antena. Kita tidak sanggup mendengar gelombang radio secara langsung, tetapi radio peserta akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang ini menjadi energi bunyi. Sehingga gelombang radio, sanggup dikelompokkan menyerupai dibawah ini.
  2. Gelombang televisi
    Dengan frekuensi yang sedikit lebih tinggi dari pada gelombang radio, gelombang televisi ini merambat lurus, tidak sanggup dipantulkan oleh lapisan-lapisan atmosfer bumi. Untuk menangkap siaran televisi stasiun jakarta, maka wiliayah bandung diharapkan sebuah stasiun penghubung (relay) yang terletak di puncak gunung tangkuban perahu. Untuk kawasan yang lebih jauh lagi, contohnya untuk Indonesia bab timur, diharapkan sebuah satelit sebagai stasiun penghubung. Demikian juga bila kita ingin melihat siaran pribadi dari luar negeri, kita harus menyewa sebuah satelit yang bertindak sebagai stasiun penghubung.
  3. Gelombang mikro
    Gelombang mikro (microwave) dengan frekuensi 3 GHz sanggup digunakann untuk alat komunikasi, memasak, dan radar. Radar merupakan akronim dari radio Detection and Ranging. Antena radar sanggup bertindak sebagai pemancar dan peserta gelombang elektromagnetik. Jika selang waktu antara pengiriman pulsa ke sasaran dan penerimaan pulsa pantulan dari sasaran yakni delta t, maka jarak sasaran ke sentra radar s, adalah:
    s = c . delta t / 2
  4. Sinar inframerah
    Sinar inframerah tidak banyak dihamburkan oleh partikel-partikel udara sehingga dengan memakai pelat-pelat film yang peka terhadap gelombang inframerah, pesawat udara yang terbang tinggi maupun satelit-satelit sanggup menciptakan potret-potret permukaan bumi, dengan mempergunakan gelombang inframerah. Namun perlu diketahui juga bahwa sinar inframerah tak sanggup dilihat dengan mata telanjang.
  5. Sinar tampak
    Sinar tampak atau disebut cahaya yakni sinar yang sanggup membantu pengelihatan kita. Supaya benda-benda tampak oleh mata, diharapkan sinar tampak. Sinar tampak berada pada kawasan frekuensi yang cukup sempit dengan panjang gelombang antara (430 nm - 690 nm), dengan spektrum warna mulai panjang gelombang besar yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Sehingga ungu merupakan panjang gelombang yang terkecil.
  6. Sinar ultraviolet
    Sinar ultraviolet atau yang disebut ultraungu merupakan hasil dari atom-atom dan molekul. Sebagian besar atom memancarkan sinar dengan frekuensi-frekuensi yang khas pada kawasan sinar tampak dan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet memiliki frekuensi antara 10^15Hz - 10^16 Hz. Frekuensi ini memungkinkan kita untuk mengetahui unsur-unsur dalam suatu materi dengan teknik spektroskopi. Matahari yakni sumber utama dari sinar ultraviolet. Lapisan ozon (O3) di atmosfer berfungsi menyerap sinar tersebut. Berlubangnya lapisan ozon di atmosfer sanggup meningkatkan sinar ultraviolet yang hingga kepermukaan bumi. Hal ini sanggup mengancam kehidupan makhluk hidup di permukaan Bumi.
  7. Sinar X
    Sinar-X ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen sehingga sinar-X sering disebut sinar rontgen. Sinar-X dihasilkan oleh elektron-elektron yang terletak pada bab dalam kulit elektron dari sebuah atom. Selain itu, sinar-X sanggup dihasilkan dari elektron berkecepatan tinggi yang ditumbukkan pada permukaan logam. Cara inilah yang digunakan untuk mendapat sinar-X secara komersial. Karena panjang gelombangnya yang sangat pendek, sinar-X memiliki daya tembus yang kuat. Frekuensinya antara 10^16 Hz - 10^20 Hz. Sinar-X ini banyak dipergunakan dalam bidang kedokteran maupun dalam bidang insdustri. Sinar-X sanggup digunakan untuk mendeteksi organ-organ dalam tubuh, sanggup digunakan memotret posisi tulang dalam tubuh.
  8. Sinar Gamma
    Sinar gamma memiliki frekuensi antara 10^20 Hz - 10^25 Hz, dan merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi terbesar. Sinar Gamma ini dihasilkan oleh inti-inti atom yang tidak stabil. Sinar gamma memiliki  daya tembus yang sangat besar, sanggup menembus pelat besi dengan ketebalan beberapa cm. Untuk mendeteksi adanya sinar gamma digunakan peralatan detektor Geiger-muller.

Sehingga dari beberapa penyampaian spektrum di atas, sanggup digambarkan dibawah ini.
Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika √ Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika
Rentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik
Telah diketahui korelasi antara frekuensi f, panjang gelombang , dan cepat rambat gelombang elektromagnetik c adalah:
Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika √ Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika..... (2.2)

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika.
Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Sekian terima kasih, hingga jumpa di artikel selanjutnya.

#semangatbelajar

Sumber: Foster, Bob (2004). Terpadu Fisika SMA. Jakarta: Erlangga

0 Response to "√ Spektrum Gelombang Elektromagnetik Rentang Dalam Fisika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel