√ Listrik Statis Fisika Smp: Aturan Coulomb

Listrik Statis Fisika SMP: Hukum Coulomb - Selamat tiba di markas fisika, pada postingan kali ini, markas fisika akan membahas bahan wacana listrik statis Fisika SMP: Hukum Coulomb.

Baik lah, demi mempersingkat waktu membaca, simak klarifikasi di bawah ini...

Charles Augustin de Coulomb, seorang fisikawan berkebangsaan Perancis, pada tahun 1785 pertama kali yang meneliti korelasi gaya listrik dengan dua muatan dan jarak antara keduanya dengan memakai sebuah neraca puntir. Untuk mengenang jasa Charles A. de Coulomb, namanya di gunakan untuk satuan internasional muatan listrik, yaitu coulomb (C).

Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antara dua muatan listrik di sebut gaya Coulomb (Fc). Apabila dua muatan yang berdekatan jenis muatannya sama, maka gaya Coulombnya berupa gaya tolak-menolak. Sebaliknya, dua muatan yang berdekatan jenis muatannya tak senama, maka gaya Coulombnya berupa gaya tarikmenarik. Besar gaya Coulomb bergantung pada:
  1. Besar masing - masing muatan ( Q1 dan Q2 )
  2. Kuadrat jarak antara dua muatan (r^2).
Ada pun suara Hukum Coulomb yaitu : " besar gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik antara dua benda bermuatan listrik, berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan listrik dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda bermuatan. "

Secara matematik Hukum Coulomb di rumuskan:
 markas fisika akan membahas bahan wacana listrik statis Fisika Sekolah Menengah Pertama √ Listrik Statis Fisika SMP: Hukum Coulomb
Keterangan:
Fc : Gaya tolak menolak atau gaya tarik menarik dalam satuan newton (N)
Q1: Besar muatan pertama dalam satuan coulomb (C)
Q2: Besar muatan kedua dalam satuan coulomb (C)
r: Jarak antara dua benda bermuatan dalam satuan meter (m)
k: Konstanta pembanding besar nya 9 x 10^9 Nm^2/C^2.

Berikut merupakan teladan dalam perumusan Hukum Coulomb:
  1. Dua muatan sejenis besarnya + 2 × 10-6 C dan + 6 × 10-4 C. Jika jarak kedua muatan 6 cm, berapa kah gaya Coulomb yang di alami kedua muatan?
     markas fisika akan membahas bahan wacana listrik statis Fisika Sekolah Menengah Pertama √ Listrik Statis Fisika SMP: Hukum Coulomb

Bagaimana? sanggup di pahami bahan wacana aturan coulomb yang di hingga kan di atas, untuk mengasah pemahaman kalian, coba kerja kan 3 soal berikut ini:
  1. Dua muatan sejenis besarnya 3 × 10^-6 C dan 64 × 10^-4 C. Jika besar gaya Coulomb yang di alami kedua muatan sebesar 27.000 N, berapakah jarak kedua muatan?
  2. Dua buah muatan berada pada jarak r mempunyai gaya Coulomb F. Berapakah besar gaya Coulomb bila kedua muatan jaraknya di ubah menjadi 2 kali semula?
  3. Dua buah muatan sejenis masingmasing Q berada pada jarak r mempunyai gaya Coulomb F. Berapakah besar gaya Coulomb bila kedua muatannya di ubah menjadi 2Q?
Semoga bahan aturan coulomb ini sanggup di pahami, dan menciptakan kalian menjadi semangat berguru dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam khusus nya ilmu fisika.

Akhir kata, aku ucap kan terima kasih atas kunjungan nya.

Sumber: Wariyono, sukis (2008), Mari berguru ilmu alam sekitar 3: panduan berguru IPA terpadu / untuk kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

0 Response to "√ Listrik Statis Fisika Smp: Aturan Coulomb"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel