√ Membangun Cloud Storage Di Server Mu Sendiri Dengan Owncloud, Nextcloud



Teknologi Cloud Computing atau komputasi awan atau pula data digital di awan. Cloud atau awan yaitu menyerupai dari internet, jadi kita menyimpan data di internet dan tidak membutuhkan perangkat penyimpanan fisik mirip flashdisk, Harddisk, CD, DVD dan lain-lain.

Contoh penyedia layanan Cloud Storage yang umum kita gunakan yaitu Google Drive, Dropbox,  iCloud (Apple), OneDrive (Microsoft). Pengen tahu ihwal Cloud Storage lebih lanjut, simak klarifikasi dari artikel ini.

Apa sih Owncloud

Owncloud bukan penyedia layanan Cloud Storage, tetapi Owncloud adalah software gratis yang sanggup di unduh dan di install sebagai Layanan Cloud Storage di server milik mu sendiri. Owncloud ditulis dengan bahasa PHP dan Javascript. gosip lengkap dan repository nya ada dibawah ini.

Kemudian berikut ini beberapa yang perlu disiapkan :
Kemudian lanjutkan dengan perintah
  • Koneksi internet untuk mengunduh file installer Owncloud
Tahap Instalasi 

1. Jalankan XAMPP via Terminal

2. Ekstrak file download Owncloud, copy folder owncloud ke "/opt/lampp/htdocs". Buatlah folder "data" didalam owncloud folder dan berikan permission untuk menciptakan root user 

 unzip owncloud-13.0.1.zip  cp -R owncloud /opt/lampp/htdocs/owncloud  cd /opt/lampp/htdocs/owncloud   mkdir data  chmod 777 data  chown daemon:daemon data/  chown daemon:daemon apps/  chown daemon:daemon config/  chown daemon:daemon updater/     

3. Lalu restart service xampp, ada tombol restart all XAMPP anda. Selanjutnya jalankan di browser anda "localhost/owncloud" dan buat admin


4. Untuk data foder biarkan mirip itu
5. Untuk konfigurasi database pilih MySQL/Maria DB

Baiklah tahap instalasi sekarang selesai, lakukan login untuk pengaturan akun dan tambah user baru


6. Lakukan Eksplorasi akun anda disini


7. Lakukan pengaturan dan penambahan user gres untuk sebagai Client anda 


SELESAI.

Selain aplikasi Owncloud juga ada produk lain mirip NextCloud silahkan anda coba dan tentunya ini juga GRATIS, berikut link nya yang sanggup di unduh via Terminal :

Demikian tutorial Membangun Cloud Storage di Server mu Sendiri dengan Owncloud, Nextcloud. Semoga bermanfaat, tinggalkan pesan kalau ada yang ingin ditanyakan.

0 Response to "√ Membangun Cloud Storage Di Server Mu Sendiri Dengan Owncloud, Nextcloud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel