√ Pembelajaran Model Gres - Jelajah Ilmu Jeli

Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan sumber daya insan untuk mencapai tingkat kehidupan bangsa yang semakin berkembang, maju, dan sejahtera maka Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang penting bagi insan untuk mencapai tujuan tersebut. Era globalisasi menuntut adanya banyak sekali perubahan dalam pendidikan di Indonesia.



Salah satu komponen yang sangat penting yakni Kurikulum, Kurikulum merupakan salah satu komponen pendidikan yang akan selalu mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. adapun Komponen dalam kurikulum antara lain tujuan, materi bidang studi, strategi, media atau sarana pendidikan, dan pengelolaan pendidikan.

Berdasarkan hal tersebut, maka mahasiswa PGSD UNY angkatan 2010 yang digawangi oleh Megasari, mencoba menginovasi dan memodifikasi model pembelajaran yang telah ada menjadi model pembelajaran gres yaitu “Jelajah Ilmu”.

Mengapa harus Model Pembelajaran JELI (Jelajah Ilmu)?
a. Mengahadapi kurikulum 2013 (tematik integratif).
b. Mengembangkan pembelajaran PAIKEM.
c. Pembelajaran berbasis outbond, fleksibel (bisa di dalam, diluar kelas, ataupun keduanya)
d. Mengedepankan pembelajaran student center yang berbagi multiple intelegence
e. Pembelajaran dalam Bilik Belajar (jumlah bilik menyesuaikan materi, tidak berurutan)
contoh (Bilik Percobaan, Pencarian, Kretivitas dan Permainan)
f. Menampung inspirasi kreatif siswa dalam menciptakan produk simpulan (Papan Produk Belajar)
g. Penilaian tidak berupa tes kognitif ibarat biasa, akan tetapi Tes Reflektif yaitu siswa mengungkapkan sebanyak-banyaknya materi yang telah dipelajari, perasaan dalam berguru serta komentar terhadap pelajaran sebagai refleksi bagi guru.

Langkah Pembelajaran:
1. Menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran
2. Persiapan awal pembelajaran (ice breaking)
3. Persiapan Bilik Belajar
4. Pembentukan Kelompok
5. Pelaksanaan berguru “Jelajah Ilmu”
Setiap bilik terdiri dari 2 kelompok. Setiap kelompok melakukan acara sesuai Lomba Kompetensi Siswa dalam setiap bilik belajar. Setiap kelompok harus bersaing dengan kelompok lawan. Setiap 10 menit berpindah bilik. Bilik tidak harus berurutan.
6. Persiapan produk simpulan “Produk Papan Belajar” semenarik mungkin sesuai kreativitas.
7. Presentasi produk
8. Konfirmasi
9. Evaluasi bentuk “Lembar Refleksi” (individu)
10. Penghargaan dan Penempelan Papan Produk Belajar di kelas.

0 Response to "√ Pembelajaran Model Gres - Jelajah Ilmu Jeli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel