√ Cara Membedakan Ijazah Palsu Dan Asli

Dalam hal membedakan antara Ijazah orisinil dan palsu, ternyata Polisi mempunyai cara atau trik tersendiri. Menurut Kanit II Haki, Subdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kompol Andy Arisandi bahwa untuk form kertas ijazah orisinil itu dikeluarkan oleh perusahaan kertas milik negara, ialah Perum Peruri yang mana ijazah tersebut dilengkapi logo atau tanda khusus. ''Ijazah palsu hanya form kertas cetakan biasa,'' kata beliau.

Karenanya, polisi telah berhasil mengungkap praktik sekelompok orang yang melaksanakan pemalsuan ijazah atas nama beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jatim. Adapun untuk harga Ijazah palsu untuk S1 dan sertifikat IV dibandrol Rp 12,5 juta, S2 seharga 20 juta, dan S3 dijual Rp 70 juta. Mei lalu, pelakunya ditangkap oleh jajaran Ditreskrimsus Polda Jatim.
 
Selain jenis kertas, untuk membedakan ijazah palsu sanggup juga dilihat dari hologram yang melekat di form kertas ijazah. Untuk ijazah asli, hologram terlihat menjadi satu kesatuan dengan form kertas yang dikeluarkan Perum Peruri. Sedangkan untuk hologram pada ijazah palsu dibentuk sendiri dan ditempelkan pada bab tertentu sehingga terlihat terperinci tempelannya.

Ciri lain untuk membedakan mana ijazah palsu dan mana yang orisinil kata Andy masih banyak lagi, namun demikian hanya sanggup diketahui oleh perguruan tinggi tinggi yang bersangkutan, ialah dari penomoran seri ijazah dan aba-aba ijazah. "Untuk ini, yang tahu hanya perguruan tinggi tinggi yang bersangkutan, masyarakat umum biasanya tidak tahu," tambahnya.

Sedangkan ciri-ciri pada stempelnya, pihaknya mengalami kesulitan untuk membedakannya, alasannya tidak sulit bagi seseorang menciptakan dan menduplikasi stempel. "Karena itulah, tersangka tidak hanya mempunyai stempel PTS, stempel milik Dikti pun dia punya," terang Andy.
 
Demikian artikel mengenai cara membedakan ijzah dari kami, agar bermanfaat, salam Pusat Informasi.

0 Response to "√ Cara Membedakan Ijazah Palsu Dan Asli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel