√ Pro-Kontra Adanya Ujian Nasional

Anak-anak yaitu generasi penerus bangsa. Masa depan suatu bangsa dipengaruhi oleh keadaan generasi mudanya. Anak -anak menjadi salah satu penentu terpenting masa depan suatu bangsa.  Di Indonesia pendidikan anak menjadi salah satu perhatian penting bagi pemerintah. Demi memajukan generasi bangsa pemerintah mengubah peraturan dari aktivitas wajib berguru dari 9 tahun menjadi 12 tahun. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan bisa bersaing dengan bangsa lain di abad yang global dan serba canggih menyerupai kini ini.

Untuk bisa mengikuti ketertinggalan dengan bangsa –bangsa lain dalam hal pendidikan, semenjak tahun 1947 hingga kini ini kurikulum di Indonesia selalu berubah - ubah. Kita tentunya sudah tidak absurd dengan istilah kurikulum atau aktivitas pendidikan yang diberikan kepada anak didik. tujuan dari pembentukan kurikulum pendidikan yaitu sebagai alat untuk  alat antuk mencapai tujuan umum pendidikan. Dari masa  ke masa dunia pendidikan di Indonesia sudah mengalami beberapa perubahan kurikulum, mulai dari kurikulum 1947 hingga dengan yang terakhir ini kurikulum 2013.

Peraturtan wacana pendidikan diatur dalam UU Nomor 20 tahun 2003 wacana sistem pendidikan nasional,  menurut atas UU itu pula, pemerintah melalui UU Nomor 19 tahun 2005 (Juncto PP No 32/2013) wacana standar nasional pendidikan. Untuk mengukur keberhasilan berguru siswa pemerintah menyelenggarakan adanya Ujian Nasional sebagai suatu standar pendidikan nasional. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini adanya UN menjadi suatu perdebatan.  Ada beberapa hal yang terus menjadi pro-kontra terkait dengan adanya UN yang hingga kini belum ada titik temunya. Kenapa pro-kontra keberadaan UN ini bisa terjadi? Berikut beberapa informasi seputar Pro-Kontra terkait adanya UN.

Berita Pro Ujian Nasional

1.    Ujian Nasional sebagai Pemacu semangat belajar

Dengan ujian nasional, sekolah dan guru mau tidak mau akan dipacu untuk memperlihatkan pelayanan sebaik-baiknya supaya  para siswa sanggup mengikuti ujian dan memperoleh hasil ujian yang sebaik-baiknya. Selain itu dengan adanya UN  siswa akan terdorong  untuk berguru sungguh-sungguh supaya bisa lulus dengan hasil sebaik-baiknya

2.    Permendiknas   Ujian Nasional 2010

Pada permendiknas  No.74 dan 75 wacana Panduan UN Tahun Pelajaran 2009-2010 SD dan SMP/SMA/SMK, Salah satu isinya menyebutkan  bahwa  Hasil UN dugunakan sebagai salah satu pertimbangan penentuan kelulusan penerima didik pada satuan pendidikan.

3.     Hasil UN sebagai Tolok ukur pemerintah

Depdiknas melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), mengaku merasa puas dengan hasil UN 2008/2009 yang secara nasional persentasenya mengalami kenaikan.  Hasil UN bisa dijadikan tolok ukur pemerintah wacana keberhasilan pendidikan di Indonesia.
 
 
Berita Kontra Ujian Nasional

1.    UN dianggap tidak sesuai dengan reformasi pembelajaran
Banyak pihak menentang adanya UN, sebab menganggap bahwa Ujian Nasional sebagai sesuatu yang sangat bertentangan dengan semangat reformasi pembelajaran yang sedang kita kembangkan. Kita ketahui bahwa ketika ini  model pembelajaran kita lebih berorientasi pada pencapaian kemampuan kognitif ke arah pembelajaran yang lebih berorientasi pada pencapaian kemampuan afektif dan psikomotor, yang menekankan pendidikan berkarakter pada penerima didik.

2.    Ujian Nasional sering dimanfaatkan untuk kepentingan lain
Ujian Nasional sering dimanfaatkan untuk kepentingan diluar pendidikan, menyerupai kepentingan politik oleh para pemegang kebijakan pendidikan atau kepentingan ekonomi bagi beberapa orang. Jadi  tidak heran dalam pelaksanaan UN banyak ditemukan kejanggalan-kejanggalan, menyerupai kebocoran soal, nyontek yang disengaja, rekayasa hasil pekerjaan siswa dan sebagainya.

3.    UN dianggap bentuk Ketidak adilan
Banyak orang beranggapan jikalau UN merupakan bentuk ketidak adilan aktual dimana hasil berguru siswa hanya dilihat dari hasil ujian nasional yang memilih lulus tidaknya siswa tanpa memperhatikan proses berguru siswa sehari – hari.

Terkait adanya  pro maupun kontra mengenai duduk kasus UN ini kita sebagai warga yang baik harus taat pada aturan dan aturan yang diberikan oleh pemerintah serta selalu mendukung pemerintah demi kemajuan pendidikan anak –anak bangsa.

0 Response to "√ Pro-Kontra Adanya Ujian Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel