√ Kurikulum Metode Pembelajaran Media Berguru Evaluasi


Judul : Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penelitian Evaluatif terhadap Metode Pembelajaran dan Media Belajar)

Penelitian ini yaitu penelitian evaluative, yaitu evaluative yang bersifat eksternal yang dimulai dengan menggambarkan insiden tertentu di lapangan dengan mengumpulkan data dan fakta melalui observasi langsung, menganalisa fenomena khusus dan menetapkan keadaan yang sebenarnya. Adapun pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

 Setelah melaksanakan observasi ke lokasi penelitian penulis menemukan; pertama bahwa sebagian mahasiswa belum bisa berkomunikasi dengan Bahasa Arab secara baik, kedua bahwa keempat kemahiran berbahasa mereka belum memenuhi standar bagi seorang mahasiwa. Atas fakta ini penulis berasumsi adanya beberapa persoalan yang dihadapi mahasiswa dan dosen di forum ini,diantaranya: (a) metode yang diterapkan dosen belum sesuai dengan kondisi mahasiswa, (b) media berguru yang tersedia sangat terbatas dan kurang menarik. Rumusan  masalah dalam penelitian ini adalah: (1) sejauh mana kesesuaian  metode yang diterapkan kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (2) sejauh mana kecukupan dan ketersediaan media berguru yang dipakai oleh dosen untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Hipotesis penelitian ini adalah: (1) metode yang diterapkan untuk pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha
Saifuddin  Jambi belum sesuai dengan kondisi mahasiswa yang sedang berguru di forum ini dengan latar belakang pendidikan yang berbeda ( dari Sekolah Menengah Umum dan Madrasah Aliyah), (2) media belajar, baik dari segi jumlah maupun macamnya belum memadai untuk menunjang proses pembelajaran di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) metode yang sering dipakai dosen ialah metode tata bahasa dan terjemah dan metode ceramah sehingga belum bisa mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab yang maksimal di Ma’had ‘Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi , (2) media berguru yang tersedia di forum ini sangat terbatas, sehingga kurang sanggup membantu dosen dan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had ‘ Aliy IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

0 Response to "√ Kurikulum Metode Pembelajaran Media Berguru Evaluasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel