√ Rpp Bahan Cahaya Smp Kelas 8

RPP Materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 - Selamat tiba di markas fisika, kali ini blog yang sederhana ini akan membagikan suatu artikel yang membuatkan teladan RPP Materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8, lantaran sebelum-sebelum nya aku juga telah membagikan RPP yang sanggup anda saluran di daftar isi blog markas fisika ini, perlu di tekan kan, bahwa RPP yang aku bagikan hanya berupa contoh, untuk lebih nya sanggup anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebijakan instansi yang memayungi anda.

Baiklah, tanpa basa - busuk lagi, berikut teladan RPP materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

- Identitas Mata Pelajaran
  1. Satuan Pendidikan  : SMP
  2. Kelas                       : VIII
  3. Semester                  : Genap
  4. Program Studi         : IPA
  5. Mata Pelajaran       : Fisika
  6. Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
-Standar Kompetensi
  1. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
- Kompetensi Dasar
  1. Menyelidiki sifat - sifat cahaya dan relasi nya dengan banyak sekali bentuk cermin dan lensa.
- Indikator
  1. Mengidentifikasi aturan pemantulan cahaya
  2. Mengidentifikasi aturan pembiasan cahay.
- Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui demonstrasi siswa sanggup menjelaskan wacana pemantulan cahaya.
  2. Melalui diskusi siswa sanggup mengetahui penyebab terjadi nya tragedi pemantulan cahaya.
  3. Melalui demonstrasi siswa sanggup menjelaskan wacana pembiasan cahaya.
  4. Melalui diskusi siswa sanggup mengetahui penyebab terjadi nya tragedi pembiasan cahaya.
- Materi pelajaran : Cahaya
 kali ini blog yang sederhana ini akan membagikan suatu artikel yang membuatkan teladan  √ RPP Materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8

- Alokasi waktu : 2 Jp ( 2 x 45 Menit )

- Metode dan Metode Pembelajaran
  1. Model : Direct Instruction ( Pembelajaran Langsung )
  2. Metode : Demonstrasi dan Diskusi Kelompok

- Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit ) " fase memberikan tujuan dan mempersiapkan siswa "
  1. Guru memotivasi siswa dengan cara memperlihatkan pertanyaan “Apakah kita sanggup melihat benda diruangan gelap?” (Tidak). Guru melanjutkan pertanyaan “Mengapa kita sanggup melihat benda yang ada disekitar kita ?” (Karena adanya cahaya). 
  2. Guru melanjutkan pertanyaan “Bagaimanakah proses biar kita sanggup melihat suatu benda” (ketika ada cahaya yang mengenai suatu benda kemudian dipantulkan ke mata kita maka kita akan sanggup melihat benda tersebut). Guru melanjutkan pertanyaan “Apakah yang terjadi jikalau cahaya tiba dari  medium yang berbeda kerapatannya contohnya dari udara ke air atau dari air ke udara ?”(Jika cahaya tiba dari medium yang berbeda kerapatannya, maka akan terjadi pembiasan cahaya dimana cahaya akan terlihat dibelokkan. Jika cahaya tiba dari udara ke air maka cahaya akan dibelokkan mendekati garis normal dan jikalau cahaya tiba dari air ke udara maka cahaya akan dibelokkan menjauhi garis normal).
  3. Guru memberikan tujuan pembelajaran “Setelah pembelajaran dibutuhkan siswa sanggup memahami mengenai sifat gelombang cahaya”.
b. Kegiatan Inti ( 60 Menit )
fase mendemonstrasi kan pengetahuan dan keterampilan
  1. Guru menampilkan gambar mengenai sifat gelombang cahaya yang terbagi menjadi dua yaitu pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya yang ditunjukkan pada gambar berikut.
  2. Guru menjelaskan mengenai pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya.
    a. pemantulan cahaya
     kali ini blog yang sederhana ini akan membagikan suatu artikel yang membuatkan teladan  √ RPP Materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
    Cahaya sebagai gelombang sanggup memantul bila mengenai suatu benda. Pemantulan cahaya sesuai dengan aturan pemantulan yang dikemukakan oleh Snellius yaitu:
    - Sinar datang, sinar pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
    - Sudut tiba (i) sama dengan sudut pantul (r)

    b. pembiasan cahaya
    Pembiasan cahaya yaitu pembelokan seberkas cahaya yang merambat dari satu medium ke medium lainnya yang berbeda kerapatannya. Pembiasan cahaya terjadi jikalau cahaya merambat dari suatu medium menembus ke medium lain yang mempunyai kerapatan yang berbeda. Misalkan dari air ke udara dan dari udara ke air. Pada gambar (a), cahaya dibiaskan mendekati garis normal dan pada gambar (b), cahaya dibiaskan menjauhi garis normal.
     kali ini blog yang sederhana ini akan membagikan suatu artikel yang membuatkan teladan  √ RPP Materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
    Hukum pembiasan cahaya pertama kali dikemukakan oleh Willeboard Snellius.
    - Hukum I Snellius (hukum I Pembiasan) berbunyi : sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang datar, dan ketiganya berpotongan pada satu titik.
    - Hukum II Snellius (hukum II Pembiasan) berbunyi : Sinar tiba dari medium kurang rapat menuju ke medium lebih rapat dibiaskan mendekati garis normal. Sebaliknya, sinar tiba dari medium lebih rapat menuju ke medium kurang rapat dibiaskan menjauhi garis normal.
Fase Mengorganisasikan Siswa Kedalam Kelompok-Kelompok Belajar
  1. Guru membagi penerima didik kedalam kelompok-kelompok. Ada 8 kelompok.
  2. Guru membagikan Lomba Kompetensi Siswa kepada masing-masing kelompok.
  3. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa yang sudah disiapkan oleh guru.
Fase Mengecek Pemahaman Dan memperlihatkan Umpan Balik
  1. Guru memperlihatkan tragedi pemantulan cahaya.
  2. Guru mengajukan pertanyaan “Apakah yang mengakibatkan terjadinya tragedi pemantulan cahaya?” (Terjadinya tragedi pemantulan cahaya di sebabkan lantaran cahaya mengenai suatu benda baik itu benda dengan permukaan datar maupun benda yang mempunyai permukaan yang bernafsu sehingga cahaya tersebut akan dipantulkan).
  3. Guru gotong royong penerima didik mendiskusikan mengenai penyebab terjadinya tragedi pemantulan cahaya yang benar.
  4. Guru memperlihatkan tragedi pembiasan cahaya.
  5. Guru mengajukan pertanyaan “Apakah yang mengakibatkan terjadinya tragedi pembiasan cahaya?”(Pembiasan cahaya terjadi jikalau cahaya merambat dari suatu medium menembus ke medium lain yang mempunyai kerapatan yang berbeda).
  6. Guru gotong royong penerima didik mendiskusikan mengenai penyebab terjadinya tragedi pembiasan cahaya yang benar.
c. Kegiatan Penutup ( 15 Menit )
Fase Memberikan Latihan Dan Penerapan Konsep
  1. Membimbing siswa merangkum pelajaran dan menciptakan peta konsep. Siswa diminta mengisi kotak-kotak yang masih kosong
  2. Guru memperlihatkan kiprah rumah
- Penilaian Hasil Belajar
  • Teknik Penilaian: - Tes Tertulis
  • Bentuk Instrumen: Tes Uraian dan Isian Singkat
  • Instrumen Penilaian:
Skor Penilaian Kerja Kelompok
No.
Kelompok
Aspek penilaian
Jumlah
A
B
C
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Aspek yang di nilai :
A = Ketepatan jawaban

B =  Keaktifan siswa dalam kelompok

C = Kerjasama antar anggota kelompok

Kriteria skor

3 = baik

2 = cukup baik

1 = kurang baik

Nilai = ( skor yang di peroleh / skor maksimum ) x 10


Penerapan dan pemahaman konsep akademis

1. Cocok kan gambar sesuai jenis nya masing - masing.
    No.
    Sifat Gelombang Cahaya
    Sajian Gambar
    Pengertian Sifat Gelombang Cahaya
    Contoh Peristiwa Sifat Gelombang Cahaya
    1.
    Pemantulan Cahaya
    2.
    Pembiasan Cahaya
 kali ini blog yang sederhana ini akan membagikan suatu artikel yang membuatkan teladan  √ RPP Materi Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8
2. Tuliskan penyebab terjadinya tragedi pemantulan cahaya!
3. Tuliskan penyebab terjadinya tragedi pembiasan cahaya !

Kunci Jawaban dan Pen-skoran.
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
Pemantulan Cahaya
Gambar 1, pemantulan cahaya yaitu suatu tragedi dimana cahaya akan dipantulkan dikala mengenai suatu benda, dikala cahaya mengenai suatu benda contohnya lukisan, aspal dijalan raya, dan permukaan air yang hening maka cahaya akan dipantulkan.
2
Pembiasan Cahaya
Gambar 2, Pembiasan cahaya yaitu pembelokan seberkas cahaya yang merambat dari satu medium ke medium lain yang berbeda kerapatannya, dikala cahaya tiba dari medium yang kerapatannya berbeda menyerupai dari udara ke air atau air ke udara, dan dari udara ke gelas(kaca) atau dari gelas ke udara akan terjadi pembiasan cahaya.
2
2.
Terjadinya tragedi pemantulan cahaya disebabkan lantaran cahaya mengenai suatu benda baik itu benda dengan permukaan datar maupun benda yang mempunyai permukaan yang bernafsu sehingga cahaya tersebut akan dipantulkan
3
3.
Pembiasan cahaya terjadi jikalau cahaya merambat dari suatu medium menembus ke medium lain yang mempunyai kerapatan yang berbeda
3

Penugasan PR
1. Mengapa kita sanggup melihat suatu benda?
2. Bagaimanakah proses biar kita sanggup melihat benda?
3. Gambarkan tragedi pemantulan cahaya!
4. Bagaimanakah besar sudut tiba dan sudut pantul pada tragedi pemantulan cahaya?
5. Apakah yang terjadi dikala cahaya merambat dari medium yang berbeda kerapatannya?
6. Gambarkan tragedi pembiasan cahaya!

- Alat, bahan, dan sumber belajar
  1. Alat / bahan: Cermin datar, Air, Gelas kaca, Sumber cahaya laser, busur
  2. Sumber buku: Fisika untuk Sekolah Menengah Pertama kelas VIII, 189 - 219 oleh Marthen Kanginan.
Sekian artikel wacana Contoh RPP Cahaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8, semoga bermanfaat dan sanggup di terapkan dengan baik.

Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih.

0 Response to "√ Rpp Bahan Cahaya Smp Kelas 8"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel