√ Lks Perubahan Wujud Zat Smp Kelas 7

LKS Perubahan Wujud Zat - Wah.. sore-sore gini lezat nya ngapain yah? kebetulan postingan ini di buat pada sore hari :) . dari tadi gulang-guling di kamar pusing nyari pandangan gres menulis blog, tetapi sehabis ngobok-ngobok arsip folder komputer, ternyata banyak sekali file-file yang mempunyai kegunaan untuk di publish ke blog, ibarat pola LKS perubahan wujud zat yang akan saya bagikan ini, berkas file ini telah lama di dalam folder yang jarang terjamahi semenjak zaman aktif kuliah dulu ( mungkin file word nya udah banyak sarang laba-laba).

Dengan demikian, saya pun termotivasi untuk me-rewrite goresan pena saya sendiri dengan modifikasi yang lebih mutakhir ( WoW ) :) .

Baiklah, tanpa cerewet dan bacot lagi, simak baik-baik LKS perubahan wujud zat di bawah ini, copy paste juga boleh :) .


Lembar Kerja Siswa
Perubahan Wujud Zat

Kelompok :
Nama Ketua:
Nama Anggota : 1.............  2............ 3............ 4.............

- Tujuan :
  1. Menyebutkan  perubahan wujud zat dengan benar.
  2. Menyebutkan susunan partikel zat padat dengan benar.
  3. Menyebutkan susunan partikel zat cair dengan benar.
  4. Menyebutkan susunan partikel zat gas dengan benar.
  5. Menjelaskan terjadinya kejadian meniscus pada permukaan zat cair dengan benar.
  6. Menyebutkan  peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang bekerja menurut imbas tanda-tanda kapilaritas dengan benar.
- Dasar Teori
  1. Sifat benda
    Menyebutkan  peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang bekerja menurut imbas tanda-tanda kapilaritas dengan benar.
    Kamu telah mempelajari sifat-sifat benda padat dan benda cair. Masih ingatkah kamu, jikalau tidak coba kau buka lagi buku tersebut. Benda padat umumnya keras bila di pegang. Apakah perbedaannya dengan benda cair? Perhatikan segelas air sirup! Sentuhlah dengan ujung jari tanganmu! Keras atau tidak? Bagaimana dengan benda berwujud gas? Perhatikan balon yang berisi udara! Lepaskan ikatan di verbal balon dan dekatkan telapak tanganmu di verbal balon tersebut! Terasakah udara yang keluar dari dalam balon? Terlihatkah olehmu udara yang keluar itu? Tidak bukan? Sekarang kita akan mengidentifikasikan wujud benda. Berdasarkan wujudnya, benda sanggup di kelompokkan menjadi tiga, yaitu benda padat, benda cair, dan gas.


    Benda padat
    Adakah meja, almari, papan tulis, dan dingklik di kelasmu? Adakah pensil, buku, dan penggaris di mejamu? Termasuk benda apakah semua itu? Bagaimana sifat benda tersebut? Benda-benda yang telah di sebutkan di atas termasuk benda padat. Pada dasarnya, zat padat mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
    - Bentuknya selalu tetap di manapun zatnya di simpan.
    - Tidak sanggup mengalir,
    - Volumenya relatif tetap ketika di beri tekanan.
    - Tidak sanggup di mampatkan.
    - Mempunyai kekerasan yang tinggi.


    Benda cair
    Perhatikan lingkungan di sekitarmu! Adakah air? Termasuk benda apakah air? Ibumu di rumah menggoreng dengan apa? Termasuk benda apakah minyak goreng itu? Air dan minyak termasuk benda cair. Coba sebutkan pola benda cair lainnya! Perhatikan minyak goreng yang di gunakan ayah atau ibumu memasak. Saat di dalam botol, minyak goreng bentuknya ibarat botol. Saat di dalam wajan, minyak goreng bentuknya ibarat wajan. Begitu juga ketika kau menyiram tanaman. air berubah bentuknya menyesuaikan wadahnya. Bagaimanakah sifat benda cair itu? Sifat-sifat benda cair, antara lain:
    - Bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya
    - Bentuk permukaan benda cair yang hening selalu datar
    - Benda cair mengalir ke daerah yang lebih rendah
    - Benda cair menekan ke segala arah
    - Benda cair meresap melalui celah-celah kecil


    Benda gas
    Berbeda dengan benda padat dan cair, benda gas lebih sulit untuk di amati. Kalau kau meniup balon, apakah yang kau masukkan ke dalam balon? Benda yang kau masukkan ke dalam balon ialah udara. Apakah udara sanggup kita rasakan? Meskipun udara tidak sanggup kita lihat, keberadaannya sanggup kita rasakan. Hal ini terbukti ketika kita berada di akrab balon yang terbuka. Kita sanggup mencicipi hembusan udara keluar dari verbal balon. Benda yang tidak sanggup kita lihat, tetapi sanggup kita rasakan itu di sebut benda gas. Benda gas biasanya tidak berwarna, ada yang berbau, dan ada yang tidak berbau. Sifat-sifat benda gas, antara lain, bentuknya tidak tetap lantaran selalu mengisi seluruh ruangan yang di tempatinya dan menekas ke segala arah.
    Secara umum, gas mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
    - Bentuknya tidak tetap
    - Volumenya tidak tetap, sesuai dengan ruangan yang di isinya
    - Dapat mengalir
    - Dapat di mampatkan

  2. Perubahan wujud zat
    Kita telah mengenal benda padat, cair, dan gas. Benda-benda tersebut mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud yang di pelajari di sini ialah perubahan wujud yang sanggup kembali. Beberapa kejadian perubahan wujud benda, antara lain, mencair (melebur), membeku, menguap, mengembun, dan menyublim.

    Mencair ( Melebur )
    Pernahkan kau minum es sirup atau es teh? Coba perhatikan baik-baik! Mengapa es dalam sirup lamakelamaan bermetamorfosis air? Pernahkah kau memasak dengan memakai mentega? Mengapa mentega bermetamorfosis cair ketika berada di penggorengan? Es dan mentega berubah wujud dari padat menjadi cair lantaran adanya kenaikan suhu (panas). Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair di namakan mencair atau melebur.

    Membeku
    Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat di sebut membeku. Es ialah wujud air dalam bentuk padat. Air sanggup membeku jikalau mengalami penurunan suhu yang sangat dingin. Puncak gunung yang tinggi selalu di selimuti oleh salju. Salju tersebut ialah uap air yang membeku. Apakah nama alat rumah tangga yang sanggup mengubah air menjadi es? Dapatkah kau menciptakan es?

    Menguap
    Menguap merupakan kejadian yang terjadi akhir dari perubahan wujud zat dari zat cair ke gas.conoh ketika memasak air (zat cair) lama kelamanan akan timbul uap( zat gas ) ketika mendidih.

    Mengembun
    Mengembun ialah kejadian perubahan wujud gas menjadi cair. Jadi, mengembun merupakan kebalikan dari menguap. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor. Pernahkan kau menciptakan minuman dingin, ibarat es teh atau es jeruk? Bila kau amati, kepingan luar gelas daerah kau menciptakan es teh atau es jeruk menjadi basah. Mengapa? Karena uap air dalam udara yang menyentuh gelas mengembun. Hal ini di sebabkan suhu gelas lebih rendah daripada suhu uap air di sekitar gelas.

    Menyublim
    Menyublim ialah kejadian perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya. Untuk membedakannya, kau sanggup memakai istilah melenyap dan mengkristal. Melenyap ialah kejadian perubahan wujud padat menjadi gas. Mengkristal ialah perubahan wujud gas menjadi padat. Contoh melenyap dan mengkristal ialah kapur barus atau pun kamfer.

  3. Sifat materi dan kegunaannya
    Perhatikanlah banyak sekali benda-benda yang ada di lingkunganmu! Benda-benda tersebut di buat dari materi yang di sesuaikan dengan kegunaannya. Sifat-sifat benda yang biasanya di pertimbangkan, antara lain, kekuatan menahan beban, daya serap terhadap air, daya serap terhadap panas dan listrik, kelenturan, berat dan ringan, gampang dan sukarnya proses pembuatan, hingga keawetan. Berbagai jenis materi yang biasanya di gunakan untuk menciptakan benda, antara lain, plastik, kayu, logam, karet, kaca, dan kertas. Berikut pola penggunaan beberapa materi tersebut.


    Bahan plastik dan kegunaannya
    Plastik banyak di gunakan sebagai materi pembuat benda-benda yang kita gunakan seharihari, antara lain, jas hujan, kemasan air mineral, dan ember. Mengapa jas hujan terbuat dari materi plastik? Plastik mempunyai sifat tidak tembus air atau kedap air. Oleh lantaran itu, plastik di gunakan sebagai materi pembuat jas hujan. Plastik ada yang tidak mempunyai warna atau tembus pandang sehingga kita sanggup melihat dan menilai kebersihan air yang dikemas di dalamnya. Namun, ada pula plastik yang mempunyai warna. Penggunaan plastik yang berlebihan sanggup mengakibatkan pencemaran atau polusi lingkungan. Mengapa? Karena materi ini sulit membusuk. Di negara-negara maju penggunaan materi plastik diminimalisir untuk mengurangi pencemaran.


    Bahan logam dan kegunaannya
    Logam merupakan materi yang berpengaruh dan kokoh. Logam bersifat penghantar listrik dan tidak tembus cahaya meskipun mempunyai permukaan yang mengkilap. Umumnya, logam sanggup di bentuk dengan gampang bila di panaskan. Jenis logam yang banyak di gunakan ialah aluminium, besi, dan baja. Aluminium banyak dimanfaatkan untuk menciptakan materi bangunan (atap, pintu, dan jendela) dan perabotan rumah tangga. Logam aluminium gampang di bentuk dan tahan karat. Selain itu, logam ini sanggup di daur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan. Benda yang terbuat dari besi cepat berkarat jikalau lembap atau di letakkan di luar rumah. Pisau dan garpu banyak terbuat dari baja yang mengandung besi. Namun, benda tersebut tidak gampang berkarat lantaran kepingan luarnya di lapisi kromium.


    Bahan karet dan kegunaannya
    Karet ada dua jenis , yaitu alam dan buatan. Karet alam berasal dari getah pohon karet yang di sadap, sedangkan karet buatan dari unsur-unsur kimia. Bahan ini kemudian di olah menjadi banyak sekali benda keperluan manusia. Keuntungan materi karet, antara lain, bersifat lentur (elastis), tidak menyerap air, serta tidak gampang robek dan patah. Karet menjadi materi baku utama pembuatan ban ibarat mobil, sepeda motor, dan sepeda. Karet cenderung tidak tahan panas (mudah meleleh) serta tidak gampang membusuk sehingga menjadikan  pencemaran lingkungan.


    Bahan kertas dan kegunaannya
    Kertas berbentuk lembaran yang di buat dari serat kayu atau bambu. Kegunaan kertas, antara lain, untuk menulis, menggambar, dan sebagai pembungkus makanan. Kertas juga sanggup di gunakan sebagai media untuk menciptakan koran, majalah, dan buku tulis. Kertas mempunyai jenis yang bermacam-macam, mulai dari kertas yang lembut hingga kertas karton yang keras. Kertas sangat mudah lantaran sanggup di buang sehabis di gunakan. Selain itu, kertas yang tipis sanggup menyerap cairan sehingga dipakai untuk menciptakan tisu. Kertas termasuk materi yang gampang didaur ulang. Kertas daur ulang merupakan kertas yang terbuat dari kertas bekas. Kertas mempunyai kelemahan, yaitu gampang terbakar, gampang robek, dan tidak tahan air.


    Bahan beling dan kegunaannya
    Bahan beling tembus pandang, sanggup di lalui cahaya. Artinya, kita sanggup melihat keadaan di balik beling tersebut. Kaca sanggup di gunakan sebagai materi jendela dan spion kendaraan. Selain itu, beling sanggup di gunakan sebagai materi pembuatan lensa kacamata. Kaca jenis ini sanggup membantu penglihatan saudara-saudara kita yang matanya terganggu mengalami gangguan.
Untuk lebih memahami ihwal kejadian perubahan wujud  kalian sanggup melaksanakan percobaan di bawah ini !
  1. Alat dan bahan
    - kaki tiga
    - Bunsen ( pembakar spritus )
    - Labu elenmeyer
    - Kapur barus
    - Kasa

  2. Langkah kerja
    - Susunlah rangkaian alat ibarat gambar di bawah ini.
     kebetulan postingan ini di buat pada sore hari  √ Lomba Kompetensi Siswa Perubahan Wujud Zat Sekolah Menengah Pertama Kelas 7
    Susunlah alat ibarat pada gambar
    - Masukkan kapur barus dalam labu
    - Panaskan kapur barus dalam labu elemeyer tadi dengan pemanas ibarat gambar di bawah ini dan amati hingga kapur barus berubah wujud.
    - letakan kertas putih di atas pemanas kapur barus,  dan amati lah apa yang terjadi pada kertas putih tersebut.

  3. Pertanyaan
    - apakah perubahan wujud yan terjadi pada percobaan ke 3 ?
    - apakah perubahan wujud yang terjadi pada percobaan ke 4 ?
    - mengapa terjadi hal demikian? Jelaskan jawabanmu ?
Setelah melaksanakan percobaan dan menjawab pertanyaan di atas,
jawab lah pertanyaan di bawah ini.
  1. Apakah semua zat pada percobaan di atas sanggup mengalami perubahan wujud ? Mengapa ?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. Zat apa sajakah pada percobaan di atas yang mendapatkan kalor ?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. Perubahan apakah yang di alami oleh korek api yang terbakar? Apakah terbentuk zat jenis gres ?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  4. Apa kesimpulanmu dari percobaan diatas?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tabel Pengamatan
No
Perlakuan
Perubahan Wujud Zat
Nama Perubahan
Wujud
1
Es didiamkan
…………………
……………………
2
Air di masukkan ke dalam lemari es
…………………
……………………
3
Es watu di masukkan ke dalam gelas kimia dan di amati kepingan luar gelas
……………………
……………………
4
Kapur tulis digosokan kepapan tulis.
……………………
……………………
5
Air dipanaskan
…………………
……………………
Sekian artikel kali ini, yang membuatkan LKS Perubahan Wujud Zat Sekolah Menengah Pertama Kelas 7, biar Lomba Kompetensi Siswa ini berkenan dan bermanfaat bagi anda sekalian. Akhir kata saya ucap kan terima kasih.

0 Response to "√ Lks Perubahan Wujud Zat Smp Kelas 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel