√ Fisika Smp - Jenis - Jenis Gerak

Fisika Sekolah Menengah Pertama - Jenis - jenis Gerak - Selamat tiba di markas fisika, kali ini saya akan menjelaskan materi wacana jenis-jenis gerak dalam fisika, materi kelas 8 Sekolah Menengah Pertama semester 1 ini merupakan salah satu bab dari BAB 1 gerak dan gaya.
Sebelum masuk ke dalam klarifikasi jenis-jenis gerak, coba kalian lakukan percobaan sederhana di bawah ini:

Coba kalian melaksanakan pergerakan dengan berjalan-jalan kecil mengitari ruangan kalian ketika ini, sambil membawa pulpen A di tangan kalian dan masuk kan pulpen B ke dalam saku celana atau baju, kemudian sembari kalian berjalan, lempar ke atas dan tangkap  pulpen A tersebut berulang-ulang selama kalian berjalan.
Dari percobaan di atas, kini jawab pertanyaan di bawah ini.

  1. Apakah pulpen B melaksanakan pergerakan terhadap kalian ?
  2. Apakah kalian melaksanakan pergerakan terhadap lantai yang kalian pijak ?
  3. Apakah pulpen A melaksanakan pergerakan terhadap kalian ?
  4. Apakah Pulpen B bergerak terhadap lantai yang kalian pijak ?
  5. Dari percobaan di atas, apa yang sanggup kalian simpulkan ?

Dari kesimpulan di atas, sanggup di simpulkan bahwa, Pulpen B yang ada di dalam saku kalian tidak sanggup di nyatakan bergerak terhadap kalian, tetapi kalian sanggup di katakan melaksanakan satu macam gerak, yaitu bergerak terhadap lantai yang kalian pijak, ada pun pulpen A sanggup di katakan melaksanakan 2 macam gerak, gerak pertama yaitu pulpen A melaksanakan gerak terhadap kalian dan yang kedua, bahwa pulpen A melaksanakan gerak terhadap lantai.

Melirik dari percobaan di atas, tentunya di dalam ilmu fisika, gerak mempunyai beberapa jenis yang mesti kalian ketahui dalam materi ini, yakni
Gerak berdasarkan keadaan benda
Gerakan benda sanggup di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Gerak nyata
    merupakan gerak suatu benda yang di akibatkan oleh perubahan jarak dan posisi benda terhadap titik acuan.
  2. Gerak Semu
    merupakan gerakan suatu benda yang bersama-sama membisu namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seakan-akan bergerak, gerak semu ini biasanya di akibatkan oleh keadaan pengamat yang sedang berada dalam suatu sistem yang bergerak. 

Dari pengertian ke dua jenis gerak di atas, sanggup di asumsikan menyerupai ini: Ketika kalian duduk di dalam kendaraan beroda empat yang sedang melaju, seketika nampak bahwa  pohon-pohon di tepi jalan menyerupai bergerak menjauhi kalian, benar nggak ? padahal, bersama-sama yang bergerak yaitu kendaraan beroda empat di kalian yang sedang berada di kendaraan beroda empat tersebut, sehingga sanggup di katakana bahwa pohon-pohon melaksanakan gerak semu, sedangkan kendaraan beroda empat melaksanakan gerak nyata.

Adapun contoh lainnya dari gerak semu yaitu ketika gerak matahari yang terbit di sebelah timur, dan terbenam di sebelah barat, terkadang kita berfikir, bahwa matahari lah yang bergerak terhadap kita, padahal bersama-sama yang bergerak yaitu bumi dan kita sendiri yang berada di atasnya, sedangkan matahari sanggup di anggap diam, dalam hal tersebut, bumi yang berotasi merupakan suatu sistem yang sedang bergerak dan kita sebagai pengamat yang berada di atasnya.
Gerak berdasarkan bentuk lintasan
Setelah kalian paham wacana apa itu gerak semu dan gerak nyata, di bawah ini merupakan klarifikasi tehadap gerak yang di bedakan berdasarkan lintasannya, simak klarifikasi di bawah ini:

  1. Gerak lurus
    merupakan suatu gerak yang lintasannya berbentuk garis lurus ( tidak berbelok-belok ). Lintasan merupakan titk-titik berurutan yang di lalui oleh suatu benda yang sedang bergerak. Contoh benda yang bergerak lurus merupakan gerak benda jatuh bebas, contohnya buah mangga yang jatuh dari tangkainya, dan sebagai contoh lain, coba kalian ingat-ingat ketika kalian bermain kelereng, kelereng tersebut menggelinding dengan lintasan yang lurus, dan contoh lain yaitu pesawat yang sedang terbang dengan lintasan lurus di udara.

     kali ini saya akan menjelaskan materi wacana  √ Fisika Sekolah Menengah Pertama - Jenis - jenis Gerak
    Buah kelapa yang jatuh
    merupakan salah satu
    contoh gerak lurus
  2. Gerak melingkar
    merupakan gerak yang lintasannya berbentuk bulat atau bab dari bulat itu. Dalam gerak melingkar jarak benda dengan sentra putaran tetap, namun posisi benda terhadap sentra bulat berubah, adapun contoh sebagai berikut: asteroid yang bergerak mengelilingi matahari dan jarum jam yang mengeliling sentra rotasi nya.
     kali ini saya akan menjelaskan materi wacana  √ Fisika Sekolah Menengah Pertama - Jenis - jenis Gerak
    Jam dinding salah satu
    contoh gerak melingkar
  3. Gerak parabola
    merupakan gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola. Contoh gerak parabola, seperti: benda yang di lempar dengan sudut elevasi tertentu terhadap bidang datar, bola yang di tendang melambung ke atas, dan ketika seseorang melaksanakan gerakan lempar lembing yang melambung ke atas.
     kali ini saya akan menjelaskan materi wacana  √ Fisika Sekolah Menengah Pertama - Jenis - jenis Gerak
    Gerak parabola

Perlu di ketahui bahwa gerakan parabola memilii keunikan tersendiri, menyerupai sebuah benda pada ketinggian tertentu di lemparkan dalam arah horizontal. Ternyata, waktu yang di butuhkan oleh benda tersebut untuk mencapai tanah yaitu sama dengan waktu yang di butuhkan oleh benda yang di jatuhkan vertical tanpa kelajuan awal dari ketinggian yang sama, fenomena ini memperlihatkan bahwa gaya tarik bumi ( gaya gravvitasi bumi ) memperlihatkan percepatan ke bawah yang sama besar kepada benda tersebut.

Bagaimana? Apakah kalian sudah paham wacana jenis-jenis gerak dalam fisika?
Untuk mempertajam pemahaman kalian, jawab pertanyaan berikut.

  1. Apa yang di maksud dengan gerak ?
  2. Jika kalian duduk dalam bus yang sedang bergerak, dapatkah kalian di sebut bergerak tehadap bus? Mengapa demikian ?
  3. Mengapa ujung jarum jam di katakan bergerak terhadap sentra rotasinya ?
  4. Apa benar, kalau anda yang menyampaikan bahwa matahari lah yang bergerak terhadap bumi? Jelaskan dengan klarifikasi mu !

Sekian klarifikasi kali ini yang berjudul jenis-jenis gerak dalam fisika, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.

Semoga klarifikasi di atas mempunyai kegunaan buat kalian yang membaca.
Terima kasih.

0 Response to "√ Fisika Smp - Jenis - Jenis Gerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel