√ Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell

Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell - Selamat tiba kembali di markas fisika, sebelumnya saya ucapkan #happysunday bagi kalian dan selamat berlibur ria.. biar bagi teman-teman dan adek-adek yang sudah melewati ujian nasional sanggup mendapat hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang diperjuangkan sebelumnya, Amin.

Baiklah.. pada artikel kali ini, saya akan membahas perihal Gelombang Elektromagnetik Fisika Teori Maxwell.
Perlu kalian ketahui bahwa gejala-gejala dan kemagnetan dekat hubungannya satu sama lain. Hal ini tampak pada gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Bahwa muatan listrik sanggup menghasilkan  medan listrik di sekitarnya, yang besarnya diperlihatkan oleh hokum coulomb.
  2. Arus listrik atau muatan yang mengalir sanggup menghasilkan medan magnet di sekitarnya yang besar dan arahnya ditunjukkan oleh aturan Biot-savart atau aturan ampere.
  3. Sehingga perubahan medan magnetik tersebut sanggup menghasilkan GGL induksi yang sanggup menghasilkan medan listrik dengan aturan yang diberikan oleh aturan induksi faraday.
Dalam kronologi Maxwell yang berjulukan lengkap James Clark Maxwell (1831 – 1879) merupakan spesialis fisika dari skotlandia.

Seorang yang berjulukan Faraday menemukan bahwa perubahan medan magnetik haruslah menghasilkan medan listrik, sehingga berdasarkan Maxwell, perubahan medan listrik haruslah menghasilkan medan magnetik.

Sehingga berdasarkan anggapan itu yang terjadi pada tahun 1864, Maxwell mengemukakan suatu hipotesis:
“Karena perubahan medan magnetik sanggup menjadikan medan listrik, maka sebaliknya, perubahan medan listrik pun akan sanggup menjadikan medan magnetik”.
Dari pernyataan dan hipotesis yang kalian simak di atas, sanggup di jelaskan dengan gambar dibawah ini.
 Selamat tiba kembali di markas fisika √ Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell
2 bola isolator yang bermuatan digetarkan sehingga menghasilkan
gelombang elektromagnetik.
Yaitu ke-2 bola isolator tersebut yang bermuatan listrik digetarkan pada pegas untuk menjadikan perubahan medan magnetik dan medan listrik sehingga dipancarkanlah gelombang elektromagnetik.
Baca Juga: Pembahasan Soal Fisika Pada Materi Gelombang
Bila kita melihat perambatan medan listrik dan medan magnetik pada satu arah tertentu, maka gelombang elektromagnetik ditunjukkan menyerupai gambar yang dibawah ini.
 Selamat tiba kembali di markas fisika √ Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell
Perambatan gelombang elektromagnetik pada arah sumbu x
Diketahui medan listrik dan magnet magnetik selalu saling tegak lurus, dan keduanya tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Sehingga, gelombang elektromagnetik yaitu gelombang transversal.

Dari yang telah disampaikan di atas maka sanggup diketahui kecepatan rambat gelombang elektromagnetik ditentukan oleh permeabilitas vakum µ0 dan permivitas vakum Ɛ0 sesuai dengan kekerabatan persamaan dibawah ini..
 Selamat tiba kembali di markas fisika √ Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell
Dengan memasukkan nilai µ = 4π x 10-7 Wb/Am dan Ɛ0 = 8,85 x 10-12 C/Nm2 ke dalam rumus di atas, sehingga di sanggup lah c = 2,998 x 108 m/s.

Hal tersebut dikarenakan cepat rambat gelombang elektromagnetik ini sempurna sama dengan cepat rambat cahaya dalam vakum, sehingga sanggup disimpulkan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.


Bagaimana sanggup kalian pahami? Praktis kan. Hehehehe.
Baca Juga: Latihan Soal Materi Gelombang
Saya rasa cukup sekian materi pada kali ini yang berjudul Gelombang Elektromagnetik Fisika Teori Maxwell. Jika terdapat pertanyaan atau saran, sanggup kalian kirimkan di halaman facebook .

Demikian artikel kali ini, kurang dan lebih nya mohon di maafkan. Terima kasih.
Bantu share yah :) .

#semangatbelajar

Sumber:  Foster, Bob (2004). Terpadu Fisika SMA. Jakarta: Erlangga

0 Response to "√ Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel