√ Fisika Sma: Difraksi Gelombang

Fisika SMA: Difraksi Gelombang - Bila sebagian gelombang membentur atau di batasi oleh suatu penghalang, maka penjalaran gelombang menjadi lebih rumit.

Bagian muka gelombang yang tidak terhalang tidak segitu saja menjalar dalam arah berkas lurus menyerupai yang kita perkirakan, gambar 1 menunjukkan gelombang bidang dalam tangki riak yang mengenai suatu perintang dengan lubang (celah) kecil.

Gelombang pada sebelah kanan perintang tidak terbatas hanya pada sudut sempit berkas dari sumber yang sanggup melewati lubang, sebaliknya gelombang - gelombang tersebut menjadi lingkaran, seperti ada sumber titik gelombang pada lubang tersebut.
 Bila sebagian gelombang membentur atau di batasi oleh suatu penghalang √ Fisika SMA: Difraksi Gelombang
Gambar 1: Gelombang bidang dalam tangki riak
mengenai suatu penghalang dengan lubang kecil
Demikian juga, penjalaran gelombang sungguh berbeda dengan penjalaran fatwa partikel, pada gambar 2 ini bawah umur panah menunjukkan fatwa partikel yang mengenai perintang dengan lubang kecil, atau celah. Partikel - partikel yang menembus lubang ini akan terbatas hanya pada suatu sudut yang kecil, sedangkan pada gambar 3  anak-anak panah menunjukkan berkas - berkas yang menyatakan penjalaran gelombang bulat menuju perintang.
 Bila sebagian gelombang membentur atau di batasi oleh suatu penghalang √ Fisika SMA: Difraksi Gelombang
Gambar 2: Pada celah sempit, berkas partikel
yang ditransmisikan terbatas hanya pada sudut sempit

 Bila sebagian gelombang membentur atau di batasi oleh suatu penghalang √ Fisika SMA: Difraksi Gelombang
Gambar 3: Gelombang ditransmisikan secara sirkular
dengan sudut yang jauh lebih lebar dari pada partikel
Setelah melewati perintang, berkas akan membelok melengkungi pinggir - pinggir lubang kecil tersebut. Pembelokan atau penyebaran gelombang alasannya melewati suatu celah kecil atau ujung sebuah penghalang disebut difraksi.

Tangki riak sanggup dipakai untuk menunjukkan difraksi gelombang bidang dihasilkan dengan memakai sebuah batang penggetar, dan lalu gelombang - gelombang bidang ini tiba pada celah yang lalu akan di difraksikan. Seberapa meluasnya berkas - berkas didifraksikan bergantung pada lebar celah. Hal ini di ilustrasikan pada gambar 4.

Ketika lebar celah lebih besar dibandingkan dengan panjang gelombang dari berkas-berkas gelombang, imbas difraksinya kecil. Ketika celah lebih sempit, imbas difrkasinya menjadi lebih terlihat. Efek difraksi terbesar yaitu ketika lebar celah sama dengan panjang gelombang berkas. Namun jikalau celah diperkecil lagi, maka kita akan kesulitan untuk mengamati difraksi alasannya berkas-berkas gelombang yang tiba sulit melewati celah.
 Bila sebagian gelombang membentur atau di batasi oleh suatu penghalang √ Fisika SMA: Difraksi Gelombang
Lebar celah mempengaruhi imbas difraksi yang dihasilkan
Efek difraksi menghadirkan keterbatasan pada kemampuan untuk memilih lokasi benda - benda kecil atau mengidentifikasi detail - detail dengan pemantulan gelombang dari benda - benda tersebut. Tidak akan terjadi refleksi (pemantulan) gelombang yang berarti kecuali benda setidaknya harus selebar panjang gelombang.

Jadi, tidak ada detail yang sanggup di amati pada skala yang lebih kecil dari pada panjang gelombang yang digunakan. Karena panjang gelombang terkecil suara yang terdengar dengan lebih baik dari pada kurang lebih 2 cm. Karena itulah gelombang suara dengan frekuensi di atas 20000 Hz yang disebut gelombang ultrasonik, banyak dipakai oleh kapal-kapal untuk mendeteksi kapal - kapal selam dan benda - benda di bawah bahari lainnya dengan sudut peranti yang disebut sonar (Sound Navigation and Ranging).

Sumber:
Foster, Bob, (2004). Fisika Sekolah Menengan Atas Terpadu. Jakarta: Erlangga

0 Response to "√ Fisika Sma: Difraksi Gelombang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel